Monday, April 30, 2007

Penyusup di folder My Pictures


Waktu keisengan saya kumat lagi, saya lihat-lihat isi harddisk yang nggak seberapa banyak. Eh, tapi ternyata lumayan juga soalnya saya habis add beberapa file dari teman2.
Iseng deh jadinya.

Lho??? Foto siapa nih? Kok ada di sini?

Owalah, ternyata ini ulah Picasa. Ngumpulin semua gambar jadi satu folder. Iya, semuanya! Termasuk file gambar yang saya peroleh dari “save as web complete” dari webpage yang saya simpan.

Freeware untuk amatiran ini lumayan juga lho, lumayan membingungkan, maksudnya. Hehehe. Tujuannya untuk pengeditan sederhana, tapi kadang agak berbelit-belit juga. Contohnya: caranya meng-acquire file. Maunya mengambil satu, eh malah dapet semuanya. Saya yang dulu sangat tergantung pada software yang somehow singkatannya mirip ABCD (hehe, maaf nggak mau nyebutin merk) jadi canggung ketemu yang satu ini. Maklumlah, Photoshop terlalu serius untuk saya.

Saya dapat installer ini bukan melalui host dari blog kita tercinta ini, makanya dulu sempat heran juga waktu baru bergabung dengan blogspot, ditawari software yang baru “kemarin sore” saya ekstrak dari CD majalah.

Tapi lumayan bagus juga interface-nya. Cantik … cute. Bahkan ada salah satu opsi browsing, semacam filmstrip-nya, yang berjajar membentuk arkus, disertai background gambar yang sedang ditampilkan. Bukan, bukan slideshow. Itu namanya “timeline”. Yap, aslinya dia mengarsip file gambar berdasarkan kronologi. Tapi, ya itu tadi … interfacenya bagus banget, sampai2 cukup bagus untuk dijadikan wallpaper baru.



Saya pernah tergoda untuk menekan tombol printscreen ketika sedang browsing gambar dengan cara ini. Sayangnya software author atau apa namanya itu tampaknya antisipatif sekali. Seperti proteksi pembajakan saja. Ketika saya buka/simpan di software pencipta gambar (biasalah, bawaan OS Jendela: Paint) saya hanya akan mendapat tampilan yang tidak tetap, bahkan kosong ketika si Picasa sudah kita tutup.

Sayang sekali, bukan? Well, excuse my limitation please. I just have no idea about this, which actually I wish I could do more with this new buddy software I presently know.

2 of your comments here:

Aryo said...

software apaan si?
photoshop itu enak lagi Nda. Dari kerjaan sepele sampe rumit mudah dilakukan, aku sampe skr pake photoshop buat merbaikin hasil foto doang... :)

inda_ardani said...

well, ... sebenernya ngga sebanding sama photoshop, yo :)
picasa tu kayaknya cuman photo manager aja kok
tapi lumayan juga buat lucu2an, soalnya interfacenya emang bagus

so, photoshop gampang ya? lain kali deh aku coba. picasa ini biarpun amatiran juga nggak terlalu user friendly kok :)

kelebihannya cuma satu: unik