Monday, May 28, 2007

Makanan Pedes? Hmm … Mau nggak, ya?


Seperti biasanya kalo lagi pesan makanan, waktu itu aku bilang, “Mas, mie satu, nggak pedes.” Dan ternyata aku melakukan kebodohan.

Iya, baru beberapa hari kemudian mbakku yang pedesmania itu cerita kalo dia habis makan mie Aceh yang pedes banget, dan saat itulah baru aku tahu kalo masakan Aceh tu semuanya pedes. Walah, … pantesan masnya agak-agak gimanaaa gitu, mau sewot tapi ditahan, pas aku suruh dia bikin nggak pedes. Dia pasti mikir, “Gimana bisa?”terus nganggep aku orang aneh, hehehe … jadi pengen malu.

Ya begitulah, padahal waktu aku blom mahfum watak masakan Aceh itu, pas aku makan mie itu, aku sampe nangis. Iya, makan sambil keluar air mata gitu, saking pedesnya, sodara-sodara! Hehehe, ampun deh.

Itulah sekilas info tentang saya, manusia yang ngga bisa makan pedes. No lah, kasian juga ngebayangin permukaan usus kita yang fragile itu “digosok” cabe dan cs-nya. Untungnya, dari awal emang nggak suka pedes. Jadi diet antipedesnya ngga terlalu susah dijalanin (pernah tipes, bo!)

Uniknya, di keluargaku tu ada dua koalisi, mbakku + ibuku yang pedesfil, dan aku + bapakku yang pedesfob (wehehe, ingatanku terkontaminasi kimia dasar … fil dan fob, suka dan tidak). Dan ibuku yang baik hati itu selalu rela bikin dua macam masakan (biasanya pada kasus saus/bumbu pecel, rujak, atau siomai), dibikin dua mangkuk: yang pedes dan yang nggak pedes. Repot dikit, emang.

Sekarang aku udah agak2 bisa kompromi sih, malah kadang nyari2 sambal atau merica. Soalnya, sambal (cabe) itu kan bumbu juga. Kayak spaghetti udang di atas ini, kelihatan banget kan pedesnya? Dan enaknya? Hehehe ….

Jadi ingat rendang yang waktu itu dibawa mamanya Uni Eet. Bumbunya asli Bukittinggi lho, makanya khas dan tentu aja pedes. Lumayan buat rebutan aku sama kakak iparku, hahaha …

3 of your comments here:

Aryo said...

makanan pedes...mulutku lebih sakti dari perutku. Mulut pengen nambah, perut tak mampu o_0

Ti2Sh said...

Papahku sama pedesfob-nya kayak aku, sementara Mamah + Mz-ku ada di kubu yg lain.

Kalo bliau masak pedes dikit & aku ngeluh2, bliau cm bilang...

'Wah. Anake bapakne!' =D

inda_ardani said...

wehehe, lagi2 kita satu spesies tish!

to: aryo
idem juga! hehehe ...