Friday, June 29, 2007

Now, in this kitchen … I’m in charge!

Ps: special 4 titish, biar aku nggak dikira jago masak (hehe, masih amatiran kok, mbak!)

Wahahaha … bayangkan tampangku sok2an berkuasa di dapur yang biasanya cuma diawasi ibuku dari jauh. Sudah?

Nggak jadi tuh, lha wong pagi itu jadinya aku rada2 cemberut karena mbak pembantuku melanggar janji. Aku bangun pagi-pagi dan ketemu dia lagi ngiris wortel. Huaaa … katanya semua dikasihin ke aku??? Gimana nih, Mbak???

Tapi akhirnya aku merasa terbantu juga soalnya kami musti bikin tiga masakan buat sarapan itu sedangkan bapakku harus berangkat pagi-pagi. Jadilah kita kerja berdua. Menunya lumayan aja sih, cuma sop, daging sapi goreng, tumis kangkung.
Nah, agak seru juga soalnya … tau sendiri lah kalo aku tu agak2 kacau. Hampir aja wajan oleng gara-gara aku mbalik sayur tanpa megang kuping panci, hehehe … nggak gitu lagi deh, janji.

Udah gitu, sempat juga aku ngeyel2an sama si mbak. Biasanya sih aku selalu minta nambah gula (maklum, biasa dengan citarasa Jogja, hehe). Kali ini aku ngotot tumisnya dikasih kecap. Yee… kan biar kayak iklan.

“Percaya deh, Mbak. Pasti enak,” akhirnya aku berhasil memaksa Mbak buat nurutin, dengan hasil nego 50:50. aku dikasih sepertiga bagian masakan untuk ditambahi kecap.

Okeee, aku sih terima2 aja tapi habis itu Mbak aku suruh cicipin buat bukti kalo dikasih kecap tu tetep aja enak. Dengan mata berbinar-binar aku nungguin dia ngerasain, tapi habis itu komentarnya pendek aja, “Enak sih .... tapi kalo gini namanya semur.”

Boom! Malulah saya jadinya!!!

Sunday, June 17, 2007

Hard exam ≠ hard life

Right, keep smiling! This hard challenge has nothing to do with our joy. We still deserve the time of our life. Cheers!

Just face it with a big smirk … We all know that the biggest time in a semester is the final exam. The mark announcement could be the most wanted, but the final exam’s still the real moment when we are really involved in, isn’t it?

And here I am. I am conducting my breath in the atmosphere of papers and theory, accompanied by chemicals boosting stamina, a vitamin capsule.
(Ricky the smartest guy even does it more …. he drinks coffee, cereal milk, and traditional drug called “jamu”, moves away the risk of drug interaction, I thought he were).

We’ve been spending our days and night with papers and books, sending each other with question and answer about details we should learn or supporting each other by wisdoms like in self-help books.

It’s a bit freaky, though. The most difficult time would be Clinical Pathology. The study is about diagnoses of some general illness like anemia, kidney and hepatic disease, and diabetes. This subject contains so many materials although the lecturer says we just need to learn from the things taught after mid semester test. We just feel that they are too much.

Still, we’ve got responses (test for whole post-practical lab activity) to overcome. Wait a moment, I’m a bit confused about how we actually should call it. It is called “RESPONSI” in Indonesian language, will it be “responses” in English?

Anyway, the test include details exist in the lab: the name of chemical used in every reaction, the standard concentration of some substance in normal body, the tools used … pretty complicated. Moreover, as students knowing this kind of stuff in the relative first time in life, we can’t easily take our logic. We must read them, entirely. Ooh ….

However, seems like my friends didn’t wanna loose our sense of fun facing it. No matter how horrible, we still laughed at it, pretended everything’s hilarious. Fitri, for example, while studying about the unordinary concentration of bilirubin in infants, called the patient “Mad Baby”. I was staggered. How could it be? Well, it’s simply because she’s upset with those weird condition! kikiki ….

As a lazy student (well, I thought that’s plainly me …:p) I thought it was the end of me for not putting all of the materials in my memory. Oddly, the brainiacs of my class is also come into the room in a not-so-ready performance. One of them said (in a grin, still!) that she’s ready to die, the other asked a paradox to his mate “no more material would be added, huh?” then laughed loudly. Such a satire, I think. There’s more, … Andika comes 15 minutes before exam’s started and said he slept all night, indicates that he didn’t enough study.

Well, everyone … no matter how hard, we’re all in, finally. Let’s wish for all the best!!!

Supermarket?? Apanya yang super?

Salah satu caraku menikmati masa lajang adalah dengan jalan sendiri. Yup, nge-mall sendirian, ... siapa takut? Hehehe. Asal tujuannya udah pasti, ngga masalah.

Nah, kali ini aku mau nyari bumbu baramasala, bumbu khas Arab, buat bikin nasi gurih ala Asia Barat, nasi Briyani. Pikiran polosku bilang, bumbu asing gitu pasti ada di supermarket besar.

Terus aku jalan ke mall kedua tertua di Jogja buat beli itu. Aku inget kayaknya dulu pernah ada bumbu India di sana, jadi aku mikirnya mereka pasti juga punya bumbu Arab.

Ternyata silogismeku nggak sesuai! Apaan tuh yang mereka punya? Kalo cuman merica ato bawang bubuk aja sih di minimarket juga ada. Bumbu India juga udah nggak ada.

Sebelnya, karena udah terlanjur masuk, ngga enak ama kasir donk kalo aku keluar dengan tangan hampa. Akhirnya aku beli bahan roti instan buat kakakku yang baru beli oven—yang ternyata ngga bisa langsung dia masak karena dia blom punya loyang! Hehehe ... ada-ada aja.

Nah itu dia ... aku agak sebel juga karena retailer yang namanya sama kayak sesuatu yang menerangi dunia di siang hari ini kok nggak total melayani pelanggan. Selain nggak selengkap yang aku duga, nggak ada ucapan terima kasih sesudah transaksi.

Masa sih mereka ngga takut tantangan? Padahal Kompas edisi Jogja pernah mengulas masalah pertumbuhan bisnis retailer ini, betapa para retailer itu akan menghadapi arena persaingan yang cukup ketat di Jogja, terlebih dengan munculnya dua mall baru, dengan .... Ups!

Wait, sebelum saya terlalu melantur dengan apa yang bukan bidang saya, saya baru ingat kalau saya lupa sesuatu: supermarket memang berbeda dengan hypermarket. Sori-sori-sori ... hehe.