Thursday, August 2, 2007

Saya cinta Avant!

Kepada siapa Anda serahkan kepercayaan ketika mengarungi dunia maya? Kalau pertanyaan itu untuk saya, maka jawabannya mungkin tidak umum.

IE (internet explorer)? Bukaan ...
Firefox? Sayangnya, tidak 100%.
Opera? Ahh ... :p

Saya bangga sekali pada Avant. Freeware yang saat ini menginjak versi 11.5 ini saya pakai sejak satu versi sebelumnya. Fasilitasnya cukup lengkap, dan sebagai web browser mutakhir tentu saja ada fitur multitab. Interface cukup cool dengan warna biru muda, lumayan tidak membosankan karena theme bisa diganti-ganti. Sudah begitu, ketika tombol paling pojok ditekan, Avant akan sembunyi tapi tidak tertutup sepenuhnya. Icon kecilnya akan duduk manis di pojok toolbar, siap menampilkan kembali semua yang tadinya kita tampilkan. Praktis.

Untuk edisi 11 ini, saya belum banyak menemukan tambahan kelebihannya, yang jelas icon-nya tambah cute bagaikan permen mint, ah ….

Kalau terpaksa harus mengaku, kelemahan Avant adalah ketika menyimpan suatu halaman pada satu tab, tab yang lain tidak bisa dibuka. Jadi, memang harus menunggu sampai pekerjaan simpanan ini selesai. Kelemahan ini terasa sekali saat kita harus menyimpan file berukuran besar atau jika koneksi sedang tidak gesit.

Tapi, ada satu hal dari Avant yang membuat saya setia. Saya selalu mengatakan pada teman-teman saya bahwa Avant mengakomodasi saya dengan kemampuannya menyimpan file berformat MHTML. Ini berbeda dengan format simpanan HTML yang terdiri atas satu icon e dan folder berisi unsur-unsur pendukung halaman itu (gambar, misalnya).

Format MHTML ini sangat berguna, agar ketika dibuka offline nanti unsur-unsur file simpanan kita tidak tercerai berai. Bayangkan jika kami yang sering mengakses halaman berisi macam-macam penyakit atau alat-alat kedokteran berikut fotonya tidak didukung fasilitas seperti itu. Agak ironisnya, saya mengetahui format ini pertama kali dari browser yang saya tidak suka, IE.

Dengan adanya kelebihan itu, kelemahannya yang saya sebutkan tadi menjadi tidak penting. Solusinya kan mudah, kita tinggal install browser pendamping. Sementara Avant menyimpan, saya bisa pergi ke halaman web lain yang tidak perlu saya simpan (misalnya halaman web yang saya kunjungi untuk hiburan semata) dengan browser selain Avant itu.

Karena sudah ilfil dengan IE dan kurang respek terhadap FireFox, saya mencoba SeaMonkey. Sebenarnya ini pun murni mencoba-coba. Ketika saya jalankan, barulah saya tahu bahwa SeaMonkey pun keluaran Mozilla! Hahaha, adiknya FireFox, ternyata.



Tapi, fasilitas yang ditawarkannya ternyata tidak cukup baik. Saya uji dengan membuka file MHTML yang saya simpan, bahkan "monyet laut" ini tidak bisa membukanya! Ih ... akhirnya saya berbalik ke pilihan kedua, FireFox. Yah, meskipun ternyata browser ini pun tidak bisa membuka file dengan format MHTML itu, setidaknya saya lebih mantap karena selama ini banyak mendapat testimonial bagus dari kanan-kiri seputar kinerja FireFox.

Yang jelas, Firefox harus puas cuma dapat tempat sebagai istri kedua di sistem saya. Hidup Avant!




Yahoo! Mail is the world's favourite email. Don't settle for less, sign up for your free account today.

7 of your comments here:

Keril said...

waduh bahasa nya ketinggian buat ukuran orang biasa seperti sayah.. hehe..
but info nya asik juga.. thx dah sare info bot avant.. ^_^

Aryo said...

masalah kebiasaan aja kayanya :D aku di mac sama pc pakenya firefox semua si :)

opera bagus jg lo, dulu kalo pake hape aku pake opera mini :9

- Nilla - said...

Aku kalo ga make Firefox, makenya Flock, adiknya Firefox jg! Hehehe... xP Wah, ntar mau coba Avant jg, deh! Kebetulan ada temen yg udh make. Sepertinya emang menarik utk dicoba! ;)

Btw, dibayar brp Mbak, buat promosi? Hqhqhq... xD

inda_ardani said...

# keril: saya juga orang biasa koq, amatir asli! :p thx bt komennya

# aryo: betoelz, waa br tw di mac jg bs pk firefox (haiah ... bahasa sms!)
opera? khukhukhu ... ngga deh, cantik juga sih, tapi nambah kerjaan aja. cuma ... emang sih opera tu pilihan yang lebih baik dari ie

# nilla: makasih ya buat infonya? weleh-weleh ... ternyata mozilla punya banyak anak :p yupz ... ayo cobain avant! enak lho (pizza kali!)
bayaran? ah, kalo udah cinta mah ngapain juga rela (wueeee ...)

# all: ada yang kurang nih. avant punya fasilitas pop up button lho

uhm, ini istilahku aja sih, ga tau bener pa nggak, intinya gini: kalo kita ngarahin pointer ke suatu image, di sebelah pointer langsung muncul sebaris "button bar", berisi tombol untuk save, zoom in, zoom out, mail to friend, trus apa lagi ya? lupa, hehehe ... praktis kan?

begitu juga kalau kita memblok tulisan, di samping pointer bakal muncul juga beberapa tombol yang bisa dipilih. biasanya sih saya pake yang buat "copy"

aku bilang sih tombol2 di avant tu handy banget :p

step said...

nek aku nganggo opera.. soale cocok nggo wong kesed :D misale, nek bar dipateni, tab2e tetep isa dibuka, ada fasilitas "paste and go", trus ada halaman muka itu lho, yg bisa diisi link website2 favorit, trus ada "wand" utk password. mung akhir2 iki operaku sok error..

Adite said...

saya?
masih setia sama IE :D *dan kayaknya emang cuma saya yang setia ma IE di sini*

abis IE 7 bercita rasa VISTA
gemes liat lingkaran biru muter2
*alesan yang super gag meaning kekekeke*

inda_ardani said...

# steph:
makanya cobain avant, steph. semua yang kamu bilang tu ada di avant lho :D btw aku ndaftar jadiin blogku buat homepagemu!!! hehehe ... pede bgt yah.

btw nickname-mu tu step, steph, apa stef, sih? stefany kan kepanjangaaan ... (hehehe, sahabat yang tak tahu diri, nulis nama sahabatnya aja ngga bisa :p)

# adite:
oke deeh ... humm, sebenernya kalo diliat2 avant tu juga sekutunya ie sih, habis karakternya mirip gitu
tapi kalo aku sih milih avant banget ... :D peace out!