Thursday, September 20, 2007

Chicken Creamy Soup: Milky ... yet Crunchy!

Daripada pusing mendingan masak aja biarpun masih belajar juga sih. Yang satu ini saya bikin paradox: masakan berkuah tapi ada renyah-renyahnya. Ini karena daging ayamnya saya goreng pakai tepung bumbu sampai garing.

Aslinya ini gampang banget lho, soalnya bumbu dasarnya masih cuma bawang putih-merica-garam. Lebih praktis lagi, saya pakai bawang dan merica dalam bentuk bubuk. Pokoknya tinggal tuang, deh.

Isi supnya: bisa aja kita tambahin kacang polong, jagung manis, jamur, ... tapi kali ini saya cuma ngasih kentang dan wortel yang dipotong dadu dan irisan melintang bawang bombay (jadi bentuknya kayak gelang, gitu). Itu aja, lagi males kebanyakan isi, hehe ... . Soalnya yang kayak gitu aja udah bikin kenyang banget.
Jangan lupakan irisan tomat, karena cita rasa asamnya justru bikin "kaya" (halah!).

Alright, jadi urutan masuknya adalah: ayam-bumbu, didihkan pada 3 gelas air. Keluarkan daging, dinginkan. Potong kecil-memanjang, campur dengan tepung bumbu, goreng dengan minyak panas.

Kaldu yang tadi (air rebusan daging) dimasuki sayur, didihkan sampai lunak. Masukkan bawang-tomat. Naa ... formula milky and creamy-nya kita dapatkan dari segelas susu cair yang dicampur sesendok makan tepung maizena.

Aduk pelan-tapi-terus selama satu menit supaya susu nggak "pecah".

And ... voila! Sajikan pada mangkuk, taruh gorengan ayam di atasnya, hias pake daun parsley. Yummy? Hmm ... don't try this at home, hahaha ....

Cuma satu yang bikin saya bingung sendiri: kok sepintas dia jadi mirip bubur ya? xD
Btw-btw-btw ... ada yang bisa ngajarin soal fotografi makanan? Hehe, serius nih :)


For ideas on reducing your carbon footprint visit Yahoo! For Good this month.

12 of your comments here:

Vina Revi said...

Sumpah, Nda! Kayla -my daughter, doyan banget ama krim sup. Tau Cafe Olala, gak? Nah, dia ng-fans banget ama Supa Supa-nya.
Jadi, saat dapet resep dari Inda ini, wow .. berkah buatku! Karena aku gak perlu jauh-jauh ke Istana Plaza kalo pas Kayla pengen dibeliin krim sup. TQ, yaa ...

Dony Alfan said...

Saya tetep males bikinnya nih, minta sampeyan aja boleh nggak? Pan bulan puasa musti saling memberi, heheheh

inda_ardani said...

# dr.Vina:

aduh dok, saya malah jadi malu banget, hehehe ... kayaknya kan soal masak-memasak dr.Vina lebih jago deeeh. aduuuh, malu nih.

sebetulnya sih saya bisanya cuman yang basic2 aja jadi pastinya kalo dibandingin sama Cafe Olala itu ya kalah :)

sekedar saran aja, dok. kalo waktunya sempat, mending jangan pake bawang bubuk tapi pake bawang biasa yang ditumbuk atau diiris terus ditumis sampai harum :) biar gurihnya lebih terasa, hehehe ...

udah ah, tar dikira ngajarin yang lebih pinter, lagi

anyway, makasih lho, dokter. you made my day :) hiks, habis dimarahin dosen nih

inda_ardani said...

# dony:

lha ini juga saya memberi ... memberi informasi, hehehe

gerry said...

untung bacanya sesudah buka puasa nih. gw ga suka masak, tp suka banget ngeliat resep dan gambar makanan...why? lol

Aryo said...

eh nda, kamu bilang kaya bubur, aku malah jadi mikir...kayanya ayam pake tepung gt enak juga dimakan sama bubur hehe :9

kaya makan cakue pake bubur, cakue-nya ngga' dipotong dulu, utuh...jadi makannya digigit dikit2

aku lagi belajar masak air ni, bumbunya apa ya? :9

Vina Revi said...

Thanks for the tip! next time, aku bakal pake garlic yang diiris tipis trus ditumis untuk bumbu, deh.
btw, please call me 'Vina', gak usah pake tambahan 'Dok'. hehe, gantian aku yang jadi malu, niy ...

inda_ardani said...

# aryo:
huahaha ... biasa nih aryo becanda mulu. bagus-bagus-bagus ... hehehe. yeah, emang kayaknya bisa juga tu ayam yang digituin jadi lauk bubur ayam, pokoknya lebih dari sekedar cakue dan lebih dari sekedar kerupuk, gitu. oke deeeh.

buat buber IPA 5 kali yaa ... hehe, aku diajakin lestari sama yaya lho. kamu sih jauh di sono :p

inda_ardani said...

# gerry:
hehe, ya nggak papa kak. kan asik lihat2 foto makanan gitu. ada seninya juga kan?

iya nih, harusnya saya kasih peringatan di atasnya, bacanya pas udah buka. hehehe, ... soalnya itu juga menu buka saya

inda_ardani said...

iya dok ... eh, teh vina aja kali yaa, hehe. bawang yang segar lebih baik

Didiet said...

weleh...weleh (kayak komo aja), wah inda pintar masak ya..hmm enak gak ya tu soup..kirimin dong ke malang...cacing di perutku pingin ngerasain...he3

inda_ardani said...

hehe, nggak kok mas, asli masih amatiran, tapi ya ngga tahu pas aku cicipin kok ternyata "ada rasanya" gitu :p coba bikin aja deh, gampang kok. kalo aku kirim ... yah biar gratis, asal lewat email sih nggak papa xD