Monday, October 22, 2007

My Fried Rice: Antara Jamur dan Keju


Dunia ini hampa tanpa nasi goreng. Ya dong, hahaha! Lama nggak makan, yang bikin saya tambah kangen nasi goreng adalah gara-gara teman saya nyebutin daftar menu di kantin kampusnya, yaitu macem-macem nasi goreng; ada nasi goreng cendawan, ada nasi ayam hainan ... dan lain lagi yang bikin ... slurp. Eh, yang nasi hainan itu bukan nasi goreng ding! Itu kan nasi tim.
Anyway, bersoraklah saya ketika ternyata ibu saya menyimpan jamur tiram di kulkasnya! Jamur tiram ... itu lho, jamur yang putih-lebar. Biasanya dia cukup praktis dengan hanya dicampur ke mie instan, tapi kali ini ... yups, bikin nasi goreng!
Sisa cerita bulan puasa nih, malem itu pas mau sahur saya langsung meloncat ke dapur: ambil jagung manis, wortel, bawang daun-seledri, dan tentu saja nasi berikut tamu istimewa kita: jamur. [Bumbunya: bawang merah, bawang putih, merica, garam, plus sedikiiiit aja irisan pala].
Oke deh saya ngaku: pake cabe merah juga, satu aja. Hehe, ngga sampe bikin pedes kok, makanya masih doyan. Ini step-by-step nya, gampang lhoooo
Part one 1 Jagung disisir sampai lepas bijinya, 2 wortel diiris halus-memanjang, 3 haluskan semua bumbu. 4 Iris halus juga bawang daun dan seledrinya. 5 Jamurnya? Potong kecil, terserah deh bentuknya.
Part two 1 Nyalakan api, tumis bumbu sampai berbau harum, masukkan jamur dan aduk-aduk. 2 Semenit kemudian masukkan jagung dan wortel, aduk sampai wortel lemas dan jagung kelihatan lebih cerah. 3 Baru deh tambahkan nasi. Aduk dengan tambahan kecap. 4 Kalo [bumbu-sayur-nasi] udah tercampur, matikan api. Tambahkan duet bawang daun-seledri, aduk lagi.
Selesai? Blom! Finishingnya: sebelum kita taburi bawang goreng, "tutup" dulu permukaan nasi pakai parutan keju. Yum-yum-yum .... sakti deh kejunya, bisa bikin paduan [kenyalnya jamur + renyahnya jagung] jadi tambah gurih.
Say "cheese"! Hahaha ...


For ideas on reducing your carbon footprint visit Yahoo! For Good this month.

31 of your comments here:

sachroel said...

jadi laper nih.....he..he..

Forumer said...

Salaaam. Lebih kurang sama aja yaa nasi goreng Indonesia dengan nasi goreng Malaysia, hhhhmmmm

Bila gue dapat makan nasi goreng yang lo buat eh? :D

inda_ardani said...

# sachroel: emang udah waktunya makan, mas. hehehe

# forumer: iya bener. you know, my friend who inspired me to make this meal is a student in MY too :) he's in MMU. that's why he said 'cendawan' rather than 'jamur' xD thanks, dude!

Forumer said...

OIC jamur is cendawan eaa, baru saya tau hehe, ku ingatkan apaaa

Neway, happy bloggin n c ya around. Salaam ukhuwwwah my fren :)

sachroel said...

lapor.....udah saya link balik tuh ...thanks

o iya...gara2 firewall server sekolah saya gak bisa nulis comment di shoutbox yg merek OGGIX hi..hi..(harap maklum)

inda_ardani said...

oh ya makasih juga mas. oggix di-firewall? wah, baru tahu ada gituan, hehe. ya udah lewat komen aja nggak papa

inda_ardani said...

# forumer: yeah, cendawan-fungus-jamur are all same we here generally call it jamur. kalau ada kata indonesia yang nggak ngerti, tanya aja aku, hahaha. thanks

sachroel said...

iya nih.....gak tau server sekolah terlalu rajin nge-blok he..he..

Yuki Tobing said...

kok serem inda nasi gorengnya? hehe..

me: juara 2 nasi goreng satu sekolah, dari 24 kelas.. hehe..

kenapa juara? karena jurinya adek saya yang anggota OSIS..

isnuansa_maharani said...

Nda, ngisi komen ke blog saya tapi link nya ga ada... jadi saya search pake google, trus maen2 dulu ke blog orang, baru ketemu blog ini deh...

nasi goreng "repot" kalo saya boleh kasih nama. soalnya kalo saya yang bikin, "temennya" nasi ya paling-paling telor mata sapi...

mr.cappuccino said...

waah ini bikin nasgor kyk mo bikin kue pake keju sgala. inovasi baru.patut dicoba! :)

GIES said...

hummm sepertinya enak:P~

eh, met lebaran ya Inda, mohon maaf lahir fan batin:)
*trus mana nasgor bagian kuw?*

inda_ardani said...

# sachroel:
biar diblok kayaknya tetep semangat nge-blog nih, ya kan

# yuki:
wah pernah menang lomba nasi goreng ya ... kalah deh saya, hehe

nGeLEs#1: jangan mencela makanan

haha, mungkin karena foto ini diambil malem-malem jam 3-an trus saya lupa switch ke night mode-nya jadinya suram gitu (nGeLEs#2)

tapi mungkin juga adjustment layarmu kurang terang, kak. soalnya pengalaman yang foto kolagen itu inda lihat di komputer lain juga kadang gelap banget sampe serabut kolagennya yang harusnya warna biru jadi hitam :)
barusan adalah nGeLEs#3 ... hahaha

yaah ngaku deh, masakan indonesia memang warnanya beda sama masakan jepang yang lebih bikin mata sejuk (ini saya beneran ngakuin lho)
tapi soal rasa ... tetep gak kalah dong xD

eh tapi maksudnya serem itu gimana sih?

inda_ardani said...

# isnuansa:
ya ampuun maaf mbak, duh jadi malu + terharu (loh-loh-loh kok jadi mellow, hihihi). kmaren tu ceritanya ngutak-atik setting, tapi lupa ngga balikin setting yang bikin profil jadi ngga bisa dilihat orang. ya ini saya restore deh :) kan kalo ngga bisa dilihat yang rugi saya juga. makasih banget lhooo, duh sampe dicariin lewat google segala. ya deh inda link mbak isnuansa aja ya biar enak mampirnya

nasi goreng repot? wah, ada2 aja teman anda itu. kalo yang itu kira2 bumbunya apa ya? xD

# gies:
dokter gies ... eh, mbak gies, lama nggak ketemu yah. dicoba aja bikin dulu yang ini, siapa tahu lebih enak dari bikinan saya :)

inda_ardani said...

# mr.capuccino:
makasih udah ke sini. iya nih, coba-coba aja pas lihat keju nganggur, daripada pake MSG mending pake keju, ternyata cocok juga tuh. coba aja, kayaknya tambah udang makin mantep deh

# buat semuanya:
maaf inda lupaaa ... di resep ini harusnya ada juga telurnya! iya, telur dibikin orak-arik alias scrambled egg, gitu. biasalah, telur dikocok sebentar sambil ditambah garam (kecuali kalo mau digoreng pake mentega). sebelum nasi digoreng (bahkan sebelum bumbu ditumis), masukkan dulu telur ini ke dalam sedikit minyak panas sambil diacak-acak sampai terbentuk gumpalan-gumpalan. angkat dari wajan dan barulah kita tumis bumbu nasi goreng dan lanjutin 'prosedur' berikutnya. cheers!

Wulan said...

Aihh nyummy bangetttt kelihatannyaaa.. Nda makasi ya resepnyaa .. emang bikin laper deh :D apalagi siang menjelang sore .. bisa aja nih si Inda :)

Forumer said...

Salaam alaikum. Tanya sama lo ya?? ok nnt gue tanya sama lo sampai lo pening hehe

About those astronauts, well i hope they'll get guidance from Syeikh Muszaphar's experience.

And thanx for ur opinion about the pic. Your wish is my command hehe

Take care always ya!! Have a nice days ahead, all da best n c ya around :)

sachroel said...

wah ..saya gak tau pasti jumlah nya berapa.

tapi menurut yg saya baca....tidak ada batas2 yg jelas antar warna2....frekuensi nya beda dikit aja warna-nya akan berbeda. jadi bisa di anggap tak terhingga kali ye? he..he...

selain itu perpaduan warna akan dapat menciptakan warna baru...wah makin banyak deh jadi nya.

untuk software seperti adobe photoshop aja udah ada 16 juta warna....

sangat amat banyak banget deh

Aryo said...

pernah bikin nasgor pake terasi ngga'? dikit aja, buat aroma doang, trus pake ayam d. :9

Yuki Tobing said...

@inda:
hehe, kan waktu itu juaranya juga gara2 adekku yang OSIS itu yang jadi juri, padahal rasanya kayak lem, kebanyakan micin pula.. pernah juga juara 3di gereja, kok bisa? ya bisa karena pesertanya cuma 3 waktu itu..

entahlah, bakat masak gak nurun dari bokap nyokap yang bener2 jago..

hhm, serem karena terlihat gelap mungkin warnanya dan karena aksesori keju, hehe, gak pernah denger soalnya, inovasi sendiri?

Didiet said...

tu makanan uenak bnget inda aku pesan satu

Ti2Sh said...

Udah disave, nanti aku coba praktekin di rumah deh... ;)

Btw, kampus yg sedia macem-macem nasi goreng itu kampus mana sih, Nda??? Huehuehue

inda_ardani said...

waa ... udah banyak yang komen. makasiiih. bikin tebel aja kali yaa biar enak dicari

[b]Aihh nyummy bangetttt kelihatannyaaa.. Nda makasi ya resepnyaa .. emang bikin laper deh :D apalagi siang menjelang sore .. bisa aja nih si Inda :)[/b]

hehe, mbak wulan juga bisa aja. emang sih, nasi goreng tu mau dimakan pagi-siang-sore ... tetep aja enak. tapi yang paling enak buat makan nasi goreng adalah saat ... laper! (ya iyalaaah ... hehehe

inda_ardani said...

yak, percobaan penebalan font gagal ... lanjut ke yang berikutnya

Salaam alaikum. Tanya sama lo ya?? ok nnt gue tanya sama lo sampai lo pening hehe

About those astronauts, well i hope they'll get guidance from Syeikh Muszaphar's experience.

And thanx for ur opinion about the pic. Your wish is my command hehe

Take care always ya!! Have a nice days ahead, all da best n c ya around :)


alright, aku juga terima kasih buat supportnya. sering ke sini yaa

inda_ardani said...

sachroel berkata...

wah ..saya gak tau pasti jumlah nya berapa.

tapi menurut yg saya baca....tidak ada batas2 yg jelas antar warna2....frekuensi nya beda dikit aja warna-nya akan berbeda. jadi bisa di anggap tak terhingga kali ye? he..he...

selain itu perpaduan warna akan dapat menciptakan warna baru...wah makin banyak deh jadi nya.

untuk software seperti adobe photoshop aja udah ada 16 juta warna....

sangat amat banyak banget deh

wah makasih banget buat infonyaa ... maaf kemarin OOT dengan pertanyaan aneh saya :)

inda_ardani said...

Aryo berkata...

pernah bikin nasgor pake terasi ngga'? dikit aja, buat aroma doang, trus pake ayam d. :9


ide bagus, yo! ya sih terasi emang bisa juga dipake, tapi aku ngga tahan baunya pas dia digoreng ... bikin bersin terus, hehehe. tapi aku masih mau sih makan nasi goreng yang bumbunya itu, asal nggak bikin sendiri (terkait alesan itu ;p) eh iya, dibakar dulu kan juga bisa ya? ah, nggak mau ah, pokoknya nggak mau kalo bikin sendiri. ayam? oke banget dooong

inda_ardani said...

Yuki Tobing berkata...

@inda:
hehe, kan waktu itu juaranya juga gara2 adekku yang OSIS itu yang jadi juri, padahal rasanya kayak lem, kebanyakan micin pula.. pernah juga juara 3di gereja, kok bisa? ya bisa karena pesertanya cuma 3 waktu itu..

entahlah, bakat masak gak nurun dari bokap nyokap yang bener2 jago..

hhm, serem karena terlihat gelap mungkin warnanya dan karena aksesori keju, hehe, gak pernah denger soalnya, inovasi sendiri?


wah, jadi nanya balik nih, kok serem kak nasi gorengnya, hehehe. enak juga punya adek yang bisa diajakin kompromi gitu. eh, masak bukan soal genetik kaliii :D ni saya bikinnya juga masih dibantuin mbak pembantu koq, kan berat ngaduk nasinya :) tapi komposisinya ide saya juga termasuk soal kejunya itu )(ide dadakan lihat keju nganggur) dan yang makan selain aku nggak protes tuh, ya udah berarti lulus fit and proper test :p

inda_ardani said...

Didiet berkata...

tu makanan uenak bnget inda aku pesan satu


oh ya! pesanan untuk meja no XXX atas nama pak didiet, semuanya XXX rupiah, bisa dibayarkan di kasir sebelah sini, dan silakan tunggu pesanannya sampai bulan depan :p (jayus amat yak?)

inda_ardani said...

Ti2Sh berkata...

Udah disave, nanti aku coba praktekin di rumah deh... ;)

Btw, kampus yg sedia macem-macem nasi goreng itu kampus mana sih, Nda??? Huehuehue


oke bos, tar kalo udah bilang-bilang ya, aku pengen tahu gimana kalo kamu yang bikin :D

kampus temenku yang banyak nasi gorengnya tu di malaysia, say! (lihat komen no3) hehehe

sachroel said...

mampir lagi ahsys

inda_ardani said...

sachroel berkata...

mampir lagi ahsys

then welcome!