Saturday, February 9, 2008

Sekian kali sekian piksel*

Maksudnya: resolusi. Hahaha, agak lupa sama pelajaran bahasa, tapi sepertinya ini yang disebut dengan homonim ya? Ada satu kata yang memiliki makna berbeda, juga pada konteks yang berlainan. Kalau kita mengetikkan kata resolution di wikipedia, akan keluar banyak sekali opsi untuk spesifikasinya.


Hari gini ngomongin resolusi? Iya sih tahun 2008 udah “nggak terlalu baru” lagi. Biasaaa ... Kemarin sibuk ngurusin piaraan (apaan lagi nih :p) sampe postingnya baru sempat sekarang. Kalo ditanya kenapa postingnya deket-deket Imlek, haha ini sih cuma kebetulan aja. Boleh dibilang ngeles, tapi yang jelas yang namanya resolusi itu kan kita rencanakan untuk jangka waktu satu tahun. Jadi ya sebenernya boleh dong kita menyapa diri sendiri, “Apa kabar resolusi kita?”


Soal resolusi buat saya ... Jujur aja saya sudah lama sekali tidak membuat resolusi. Ini karena saya tidak pernah manganggap tahun baru sebagai event yang penting. Trauma? Ah nggak juga. Sebagai orang yang agak terlalu sering berpikir praktis, saya hanya menganggap kalau tahun baru itu hanya sekedar ganti tanggal. Semoga tidak terlalu terkesan sinis karena toh saya juga punya banyak cara untuk menikmati hidup. Soal malam tahun baru, kalo diajak jalan-jalan sih mau aja, asal tinggal duduk dan nggak kedinginan, ngga kelaperan, ngga kehausan, hehehe mau enaknya sendiri.


Jadi wajarlah kalau saya tidak membuat resolusi. Biar begitu, pr itu memberi pengalaman yang berbeda untuk saya, ternyata asyik juga ya.


Menurut The US Government’s Official Web Portal, resolusi yang paling banyak direncanakan adalah berikut ini. Bisa dicoba klik link yang ada untuk mendapatkan tips tentang itu.


Tante Wiki bilang, tradisi membuat resolusi ini sebenarnya bersifat sekuler (tidak ada hubungannya dengan agama), namun begitu ada juga kebiasaan agama tertentu yang dijalankan penganutnya dengan cara membuat (semacam) resolusi ini, yaitu pada hari raya Yom Kippur milik orang Yahudi (referensi sedang dicari :p kalo ada yang punya, dengan senang hati saya persilakan posting komentar)


Biar gimana resolusi adalah janji. Kalau memang baik, ya jalankan saja. Memang sih tidak ada yang akan memberi hukuman kalau kita mengabaikannya, tapi seperti biasa lah kalau janji dengan diri sendiri tidak ditepati biasanya sih bikin nyesel juga :)


* modifikasi pr dari Kak Sammy, karena sebelumnya saya terlanjur mengerjakan pr resolusi dari Mbak Gies



0 of your comments here: